Minggu, 30 Maret 2014

Obyek Wisata Penelokan Kintamani Bangli Bali


Objek wisata Kintamani merupakan objek wisata alam dimana di objek wisata Bali ini terdapat sebuah Gunung yang sampai saat ini masih aktif dengan ketinggian 1,500 meter dari permukaan laut yang bernama Gunung Batur, yang terletak di Kawasan Batur, Kecamatan Kintamani Kabupaten Daerah Tingkat II Bangli.


Perjalanan menuju tempat wisata ini dari Kota Denpasar sekitar 2 jam dengan kendaraan bermotor atau sekitar 79,9 kilometer dari Bandara Udara Ngurah Rai. Obyek wisata ini dapat dilalui dengan kendaraan bermotor, karena lokasi ini menghubungkan kota Bangli dan kota Singaraja. Sedangkan rute obyek, menghubungkan Obyek Wisata Kawasan Batur dengan Obyek Wisata Tampaksiring dan Besakih. 

Kintamani adalah objek wisata perbukitan dengan pemandangan danau batur yang indah Kintamani sendiri juga sangat favorit bagi wisatawan yang suka mendaki gunung yaitu gunung batur.

Di tepi Danau Batur terdapat permandian air panas. Menurut cerita permandian air panas tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Sumber air panas tersebut berasal dari mata air yang dekat dengan Gunung Batur. Setiap wisatawan yang berkunjung tidak pernah melewatkan kesempatan untuk menikmati kolam air panas alami tersebut.

Perjalanan di Kintamani juga dapat dilanjutkan ke arah utara menuju sebuah pura, yaitu Pura Batur. Pura ini adalah salah satu Pura penting di Bali. Disamping itu wisatawan juga dapat berkunjung ke sebuah desa tua dengan menyebrangi danau. Tepatnya Desa Truyan yang merupakan Desa Bali Aga atau desa yang hukum adat istiadatnya masih sangat kuat. Di desa ini mayat orang yang telah meninggal tidak dikuburkan. Melainkan ditaruh di bawah pohon menyan, sehingga tidak menimbulkan bau karena sudah dihisap oleh bau menyan dari pohon tersebut.

Kintamani sungguh objek wisata yang sangat menakjubkan bagi wisatawan yang ber wisata ke bali objek wisata bali yang satu ini harus di kunjungi karena kita akan di manjakan oleh pemandangan danau batur dan gunung batur yang sangat menawan.

Fasilitas wisata sudah sangat memadai di kawasan ini. Banyak terdapat penginapan, restoran maupun warung-warung makanan dan minuman kecil dengan harga yang bervariasi. bagi wisatawan yang berminat untuk makan siang di salah satu restaurant akan menikmati pemandanagan gunung dan danau Batur. 

Sebagian besar penduduk Kintamani bekerja sebagai petani. Karena wilayah ini sangat berpotensi untuk pertanian yang didukung dengan alamnya yang sejuk dan subur. Hasil pertanian yang terkenal antara lain jeruk, tomat, kembang kol, dan bawang merah. Selain hasil pertanian daerah ini juga terkenal dengan binatang anjing. Dikenal dengan nama anjing Kintamani yang bertubuh mungil dan berbulu lebat.

Penelokan dan Kintamani adalah suatu kawasan yang sudah tak asing bagi wisatawan, siapapun yang datang kesini pasti akan ingin kembali lagi karena kesan indah dan menakjubkan dari pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur.  Jadi belumlah sempurna jika perjalanan berlibur anda ke Bali tanpa berkunjung ke Panelokan – Kintamani Bali. Jadi sempatkanlah waktu walaupun hanya sebentar untuk mengunjungi tempat wisata ini agar anda dapat menikmati indahnya pemandangan dan suasananya.